Senin, 11 Februari 2019

Maksimalkan Potensi Hasil Desa, KKN UPGRIS Ajak Ibu PKK Buat Brownies dengan Bahan Dasar Gula Aren





Mahasiswa KKN Upgris 2019 Desa Sumber Rahayu menggelar Pelatihan Pembuatan Brownies Gula Aren bersama ibu-ibu PKK. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Balai Desa Sumber Rahayu Kecamatan Limbangan Kendal, Minggu (10/2).

Pelatihan yang digelar pagi hingga siang hari tersebut dijadikan sebagai upaya untuk memaksimalkan penggunaan gula aren yang banyak dijumpai di Desa Sumber Rahayu.

Sumber Rahayu merupakan desa penghasil gula aren. Dari hasil pembuatan gula aren itu dapat dimanfaatkan sebagai bahan pokok pembuatan kue. Salah satu produk kue yang digunakan mahasiswa KKN UPGRIS dalam pelatihan yaitu kue brownies. Dalam pelatihan tersebut mahasiswa KKN mengundang ibu- ibu PKK dan remaja putri Karang Taruna untuk menghadiri kegiatan.

Putri Aulia, selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa ketersediaan gula aren di desa tersebut sangat potensial.  “Kami melihat hasil gula aren di desa ini cukup banyak. Maka dari itu kami berinisiatif untuk membuat brownies dengan bahan dasar gula aren tersebut” ungkapnya.

Produk Olahan Brownies Bahan Dasar Gula Aren
Siti Dariah, ketua PKK Desa Sumber Rahayu menyambut baik pelatihan yang diadakan. Menurutnya pelatihan ini sangat penting untuk ibu-ibu PKK.

“Acara pelatihan pembuatan brownies gula aren ini diluar dugaan. Pelatihan ini sangat membangkitkan minat ibu-ibu dalam membuat sebuah produk terbaru guna meningkatkan perekonomian desa. Alhamdulillah, Bumdes sudah diresmikan oleh pemerintah. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan oleh warga dan untuk warga”. ungkapnya.

Harapan  dengan adanya pelatihan pembuatan Brownies gula aren ini yaitu  dapat diterapkan oleh warga desa Sumber Rahayu. Selain itu, nama produk brownies gula aren dapat dikenal dari berbagai wilayah. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga dan membentuk daya kratifitas  pembuatan produk dan pemasaranannya. ***(JRS/CDR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar