Senin, 11 Februari 2019

KKN UPGRIS Inovasi Pengolahan Udang menjadi Nugget



Minggu (10/2) Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) memberi pelatihan pengolahan udang anggota PKK di Balaidesa Kelurahan Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal.
Kegiatan yang dihadiri oleh PKK ini merupakan salah satu program dari bidang kewirausahaan KKN UPGRIS Desa Mororejo.

Udang merupakan hasil potensi tambak masyarakat Mororejo dan biasanya masyarakat mengolah  udang menjadi gimbal udang (keripik udang). Pada pelatihan tersebut KKN UPGRIS memberikan inovasi baru mengenai pengolahan udang dengan cara diolah menjadi Nugget Udang.

Program yang bertajuk “Pelatihan Pengolahaan Nugget Udang” ini bertujuan memberdayakan masyarakat desa untuk pembentukan usaha kecil menengah dan dapat dijadikan sebagai produk baru dari Desa Mororejo.

Kegiatan yang berlangsung sore hari tersebut disambut oleh PKK Desa Mororejo. “Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN dengan adanya kegiatan pengolahaan Nugget Udang ini memberikan kami gambaran pengolahan udang. Biasanya sih  Ibu-Ibu mengolah udang hanya dibuat gimbal saja karena gimbal udang merupakan makanan khas Desa Mororejo  ” ujar Hj Siti Rohmah, Ketua PKK Desa Mororejo.

Proses pengolahan udang menjadi Nugget
Pelatihan ini berlangsung selama dua jam dengan mekanisme demo masak  dari mahasiswa dan diskusi mengenai hasil olahan udang untuk mempermudah pemahaman dari peserta pelatihan. Mulai dari cara pembuatan, bahan-bahan yang digunakan, dan contoh hasil pengolahan Nugget Udang dipraktekan oleh perwakilan mahasiswa.

Ketua Panitia kewirausahaan, Fitri Indriyanti mengungkapkan maksud diadakanya pelatihan ini. “Ya kami berharap dengan pengolahan udang menjadi Nugget ini agar menjadi produk unggulan di Desa Mororejo, tidak hanya keripik udang saja. Tapi banyak olahan lainnya, salah satunya Nugget ini” ungkapnya.

Dalam sambutanya, Arso Setyaji, S.Pd., M.Hum selaku Dosen UPGRIS mengatakan bahwa Mororejo memiliki potensi dengan gimbal. “Mororejo ini memang dari dulu kan erkenal dengan udangnya, saya berharap mahasiswa KKN UPGRIS ini bisa memberikan inovasi yang bagus demi meningkatkan kualitas dan pemasaran produk. Mulai dari pemasaran online dan Produk Izin Rumah Tangga (PIRT). ***(JRS/CDR)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar