Kamis, 20 Desember 2018

Kendali Seni Kendal Siap Ramaikan Akhir Tahun di Kendal


Seperti kita ketahui, setiap akhir tahun suatu kabupaten/kota pasti melakukan suatu kegiatan. Entah itu syukuran, pembangunan infrastruktur jalan, ataupun acara penyambutan tahun baru dengan mendatangkan artis/band nasional.

Begitu pula yang dilakukan oleh seniman dan komunitas yang ada di Kendal. Bedanya, seniman dan komunitas yang ada di Kendal bukan melakukan pembangunan jalan ataupun mendatangkan artis/band nasional. Melainkan mereka mengangkat potensi-potensi seniman yang ada di daerahnya.

Laku kreatif para seniman dan komunitas Kendal tersebut dirangkai dalam sebuah acara yang bertajuk Kendali Seni Kendal (KSK) 2018. Pada tahun ini KSK merupakan gelaran yang ke-3 kalinya.

Tanjung Alim Sucahya, selaku ketua dari acara KSK tersebut mengungkapkan bahwa KSK 2018 ini akan menjadi wadah bagi para pelaku seniman dan komunitas yang ada di Kendal untuk berperilaku kreatif dengan mengangkat nama kota kelahiran, yaitu Kendal.

"KSK ini merupakan acara puncak dari beberapa acara yang telah dilakukan oleh seniman dan komunitas Kendal. Harapan kami dengan adanya KSK ini dapat lebih meningkatkan solidaritas dan kualitas kita semua. Tentunya, juga dengan rasa bangga memiliki kota Kendal" kata pria yang biasa disapa Tanjung tersebut.

KSK 2018 ini akan mengangkat premis "Aku Kendal" sebagai bentuk dedikasi para seniman dan komunitas Kendal untuk kota tercintanya dengan mengangkat tradisi dan budaya masyarakat Kendal.

Berbeda dengan KSK pertama dan kedua yang diselenggarakan di Kendal kota, KSK yang ke-3 ini akan digelar pada 22-23 Desember 2018 di Kantor Kecamatan Kaliwungu Kendal dengan alasan agar KSK dapat menjangkau semua wilayah di Kabupaten Kendal.

"Ya mas, memang kami sengaja menggelar KSK 2018 ini tidak di Kendal kota. Ya biar merata aja. Biar masyarakat di kecamatan lain juga bisa merasakan KSK tanpa menempuh jarak yang jauh. Rencana tahun depan juga begitu. Akan pindah tempat lagi" Tanjung menambahkan.

Kabar akan terselenggaranya KSK 2018 ini disambut antusias oleh masyarakat Kendal yang juga ingin berpartisipasi menyukseskan acara. Hanya berselang 4 hari setelah pembukaan pendaftaran, volunteer yang ingin bergabung pada KSK ini sudah 50 lebih yang mayoritas diisi oleh para pelajar dan mahasiswa, namun tak sedikit pula yang sudah bekerja.

"Alhamdulillah, Mas. Masyarakat banyak yang berminat untuk bergabung dengan kami. Ini saja kami kewalahan karena saking banyaknya yang mendaftar" kata koordinator volunteer, M Lukluk Atsmara Anjaina.

Rencananya para volunteer yang sudah tergabung tersebut akan dibagi di berbagai bidang untuk melakukan tugasnya masing-masing.

Selain pameran, pertunjukan, dan bazar, di KSK ini juga akan mengadakan beberapa workshop. Diantaranya Baca Puisi, Musik Gitar, Teater, Tari, Film, dan juga Keris.


Panitia KSK juga membuka selebar-lebarnya bagi siapapun yang ingin ikut berpartisipasi di acara Kendali Seni Kendal 2018 ini. Baik itu UMKM, komunitas, lembaga, maupun perorangan. Hal itu merupakan ikhtiar panitia untuk menjadikan KSK ini sebagi wadah bersatunya masyarakat Kendal. ***(CDR)

3 komentar:

  1. KSK 2018 "Aku Kendal"
    Bergerak Bersama untuk Kendal lebih Bermartabat dan Handal

    BalasHapus
  2. Mari rayakan bersama. Semangat Kendali Seni Kendal 2018

    BalasHapus