Selasa, 13 November 2018

Jurasik #31 (Tukang Kebun Obrolkan Buku di Jurasik)


Jurasik #31

Tukang Kebun Obrolkan Buku di Jurasik



“Orang boleh pandai setinggi langit. Namun selama ia tak menulis, maka ia akan akan hilang di masyarakat dan dari sejarah” kira-kira seperti itulah kata Pramoedya Ananta Toer.

Choeru Somad, tukang kebun yang bekerja di SMA N 2 Kendal, baru-baru ini telah menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Sekolahku Tempat Wisataku”. Buku yang menceritakan segala sesuatu tentang sekolah yang menjadi tempat kerjanya tersebut dilaunching saat acara Jurasik yang ke-30 yang digelar pada .

“Bagi saya ini hal yang luar biasa. Seorang tukang kebun yang tugasnya mengurusi kebersihan sekolahnya, namun selain itu Mas Choeru Somad ini juga mampu menerbitkan sebuah buku. Maka dari itu beliau kami undang ke Jurasik”. Kata koordinator Jurasik, Tanjung Alim Sucahya.

Ada hal menarik yang mungkin mampu menginspirasi para pegiat sastra atau tulisan. Berbeda dengan penulis kebanyakan yang selalu identik dengan alat menulis semacam laptop, Choeru Somad mengawali proses menulisnya melalui tulisan manual di kertas HVS.
“Saya mengawali menulis buku itu pada bulan Mei, Mas. Awalnya saya menulis manual di kertas HVS. Karena saya kan tidak punya laptop/komputer. Tapi hal semacam itu  bagi saya tidak begitu masalah”. Ungkap Choru Somad.

Semangat Choeru Somad patut ditiru oleh para seniman dan masyarakat. Meski menulis bukanlah pekerjaan utamanya sebagai Tukang Kebun, namun kini ia berhasil menerbitkan sebuah buku.

Ditanya soal apa motivasinya membuat buku, ia menyampaikan bahwa Tukang Kebun bisa lebih dari sekedar bersih-bersih lingkungan. “saya membuat buku itu karena saya tidak mau menjadi Tukang Kebun yang hanya sekedar Tukang Kebun. Saya ingin membuktikan bahwa Tukang Kebun bisa lebih dari sekadar bersih-bersih”. Terang Tukang Kebun SMA N 2 Kendal tersebut.

Dalam akhir sesi, ia berharap semangatnya menulis mampu ditiru oleh masyarakat khususnya pegiat sastra di Kabupaten Kendal (JRS/CDR)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar