Selasa, 13 November 2018

Jurasik #21 (Bincang bersama Kendal Aksara dan Pshyco Iron)


Jurasik #21

Bincang bersama Kendal Aksara dan Pshyco Iron




Pekan kali ini tanggal 17 Agustus 2018 bertepatan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Jurasik(Jumat, Sore, Asik) kembali hadir menyapa para hadirin yang ada di Halaman Balai Kesenian Remaja(BKR) Kendal. Kali ini Jurasik menampilkan Komunitas Pshyco Iron dan Komunitas Kendal Aksara.

Ada yang berbeda dengan Jurasik kali ini. Bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan RI, sebelum acara sharing session Jurasik dimulai, para hadirin terlebih dahulu menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan. Hal tersebut merupakan bentuk rasa nasionalisme para pegiat seni yang saat itu datang ke Jurasik. Setelah menyanyikan lagu kemerdekaan, dilanjut dengan sharing session.

Sharing session dimulai dengan Komunitas Kendal Aksara. Kendal Aksara merupakan komunitas seni rupa yang terbentuk sejak Februari 2017. “Kami terbentuk sudah setahun lebih. Tepatnya Februari 2017. Awalnya ya terbentuk atas kegelisahan yang sama yakni belum adanya wadah bagi seniman yang berfokus di Hand Lettering”. Kata Rifqi, Ketua Kendal Akara.

Pria yang akrab disapa Bajuri tersebut juga menyampaikan bahwa dalam kiprahnya Kendal Aksara sudah beberapa kali mengadakan kegiatan. “Sama seperti komunitas lain kami juga beberapa kali mengadakan acara, Mas. Diantaranya Sharing Session, Mural, dan Workshop”. Tambahnya.

Selain Kendal Aksara, Narasumber yang dihadirkan dalam Jurasik #21 yaitu Pshyco Iron, Komunitas Motor Custom Kendal. Pshyco Iron terbenuk dari obrolan beberapa orang di media sosial Facebook tentang motor custom. “Awalnya kita sering ngobrol motor custom di grup Facebook, Mas. Kemudian kami mengadakan kopdar di salah satu kedai kopi untuk mempertemukan region Kendal dan Kaliwungu”. Kata Zinda Muzaki, salah satu anggota Pshyco Iron.

Zinda juga menjelaskan mengapa komunitas tersebut diberi nama Pshyco Iron dan tipe-tipe motor custom apa saja yang digelutinya. “Saat kopdar tersebut kita sepakati memakai nama Pshyco Iron yang artinya penggila besi atau penggila modif motor custom. Ada beberapa tipe custom diantaranya Choper, Boober, Tracker, Scrambler, Caferacer, Japstyle, Trail Tua”. Imbuhnya.

Selain sharing session, Pshyco Iron juga menampilkan display motor customnya di Jurasik. (JRS/SBS)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar