Sabtu, 28 Juli 2018

Jurasik #18 (Stand Up Indo Kendal Open Mic di Jurasik)

Jurasik #18

Stand Up Indo Kendal Open Mic di Jurasik




Jurasik kembali hadir menyapa seluruh pegiat seni yang ada di Kendal. Acara tersebut digelar di Halaman Gedung Balai Kesenian (BKR) Kendal Jumat 27 Juli 2018. Ini merupakan gelaran ke-18 kalinya sejak pertama kali Jurasik dilaksanakan beberapa bulan yang lalu. Pada Jurasik #18 ini menghadirkan Komunitas Stand Up Indo Kendal. “Alhamdulillah Jurasik konsisten untuk terus menjadi wadah diskusi bagi seniman maupun komunitas apa saja yang ada di Kendal. Kali ini kita menghadirkan Stand Up Indo Kendal” kata Tanjung Alim Sucahya, koordinator acara Jurasik.

Acara diawali dengan penampilan musik dari BKR n’ Friends. Grup musik yang terbentuk dari sekelompok seniman yang menghuni gedung BKR tersebut membawakan beberapa lagu untuk menghibur para peserta yang telah memadati halaman gedung. Selain penampilan BKR n’ Friends, beberapa peserta yang hadir juga ikut dengan menampilkan beberapa karya puisi.


Stand Up Indo Kendal terbentuk pada tanggal 29 Desember 2014 silam. Awal mula komunitas tersebut terbentuk yaitu dari grup media sosial. “Kami pertama kali terbentuk itu sebenarnya tidak sengaja. Jadi ada orang yang membuat grup Facebook bernama Stand Up Kendal. Kemudian kita saling bertukar materi disitu” Kata Ade Prasetyo, salah satu pendiri Komunitas Stand Up Indo Kendal. “Bermula dari saling tukar materi tersebut setelah itu kita mengadakan kumpul bareng untuk kemudian membuat komunitas Stand Up Indo Kendal ini” Imbuh komika yang sering dipanggil Ade Kentos tersebut.

Dalam diskusi tersebut mereka juga menyampaikan bahwa dalam Stand Up Comedy, materi yang dibawakan harus mempunyai batasan-batasan tertentu. “Oh iya mas, saat kita perform juga tidak asal-asalan ngomong. Harus ada batasan. Contohnya kita tidak boleh membawakan materi yang berbau SARA, menjudge fisik seseorang yang ia tak bisa rubah, dll” kata M Nur Jauhan, Ketua Stand Up Comedy Kendal.


Dalam promosinya, Stand Up Indo Kendal juga pernah Open Mic di acara sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kendal. Selain itu mereka juga pernah menggelar acara bertajuk “Roasting Bupati” dengan menghadirkan Bupati Kendal, dr Mirna Annisa, langsung saat hari ulang tahun mereka yang ke-3. “Tidak hanya perform mas, tapi kita juga sekalian promosi tentang komunitas ini. Kami pernah ke sekolah-sekolah dan setiap hari ulang tahun kami mengadakan open mic. Terakhir kita mengadakan open mic dengan menghadirkan Bupati Kendal” Kata Fatih ‘Ainal Yaqin, Admin Instagram Stand Up Indo Kendal.

Setelah diskusi, Stand Up Indo Kendal juga menampilkan kebolehannya dalam Stand Up Comedy. Beberapa komika sukses menghibur peserta yang hadir pada Jurasik malam itu. ***(JRS/CDR)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar