Breaking News

Kamis, 07 Juni 2018

Jurasik #7 (Diskusi Pendidikan Oleh Komunitas Kendal Mengajar)



Jurasik #7

Diskusi Pendidikan Oleh Komunitas Kendal Mengajar

Jumat Sore Asik (Jurasik) kembali meneruskan kiprahnya sebagai wadah kesenian dan edukasi bagi masyarakat Kendal khususnya para pemuda. Terhitung, pada hari ini Jumat 4 Mei 2018 Jurasik telah terselenggara sebanyak 7 kali.

Pada penyelenggaraan ke-7 ini Jurasik mengusung tema Belajar Kelompok dengan mendatangkan komunitas yang sangat terkenal di Kabupaten Kendal saat ini yaitu Kendal Mengajar. Dilihat dari namanya, sudah terlihat bahwa komunitas ini adalah komunitas sosial yang bergerak di dunia pendidikan yang ada di Kendal.

Sekitar pukul 20.00 WIB, Jurasik dimulai dengan penampilan BKR n' Friends yang kemudian dilanjutkan oleh diskusi dan belajar bersama dipandu oleh teman-teman Kendal Mengajar. Suasana pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan menyelimuti gedung BKR Kendal malam ini.

Kendal Mengajar dibentuk sebagai upaya peningkatan metode pembelajaran yang dinilai saat ini masih terlalu monoton dan kurangnya pelajaran tentang seni dan budaya khususnya budaya yang ada di Kendal sendiri. Kendal Mengajar dibentuk dengan tujuan untuk memberikan siswa suatu pembelajaran yang efektif. Tidak hanya ilmu pengetahuan umum. Namun juga ilmu seni dan budaya daerah Kendal sendiri. Karena fenomena sekarang, banyak siswa yang tahu kebudayaan daerah lain namun tidak tahu dengan budaya daerahnya sendiri. Kata Ketua Kendal Mengajar, Muhammad Ulil Absor.

Ulil menambahkan, kurangnya pelajaran yang dapat mengakomodir minat dan bakat siswa juga menjadi masalah yang harus kita perhatikan bersama Ya kita tahu pelajaran di sekolah formal memberikan materi hanya sesuai dengan kurikulum, namum tidak memperhatikan minat siswa. Maka dari itu, selain kita mengenalkan budaya lokal, kita juga mencoba memahami siswa untuk mengenal karakter dan juga bakat minatnya. Sehingga ketika kita memberikan pelajaran, mereka dapat menerima dengan senang hati.

Di sela-sela diskusi,Kendal Mengajar memberikan contoh bagaimana membuat suasana pembelajaran tidak monoton dan spaneng, yaitu dengan memberikan Ice Breaking. Ice Breaking dinilai sebagai upaya yang tepat untuk menghilangkan kepenatan siswa dalam belajar dan membuat semangat belajar siswa kembali meningkat.

Setelah diskusi dan belajar kelompok selesai. Para peserta yang hadir kembali disuguhi dengan penampilan akustik dari BKR n' Friends. Dengan diadakannya diskusi dan ngobrol bareng tentang pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.*** (JRS/CDR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By