Breaking News

Kamis, 07 Juni 2018

Jurasik #3 (Obrolan Kalang Mantabkan Kendali Seni Kendal 2018)



Jurasik #3

Obrolan Kalang Mantabkan Kendali Seni Kendal  2018

Jumat, 6 April 2018 ini, Jurasik #3 menyuguhkan obrolan Kalang di Balai Kesenian Remaja (BKR) Kendal. Sebelum obrolan dimulai, para hadirin digoda dengan suguhan lagu-lagu populer yang dibawakan oleh group musik Bella Lullaby.

Ini upaya kami untuk memperkuat dan meyakinkan tema yang akan diangkat dalam Kendali Seni Kendal (KSK) 2018. Selepas sebelumnya sempat disepakati, bahwasanya tema Orang Kalang akan direspon dalam KSK tahun ini, tutur Tanjung Alim Sucahya, pegiat Jurasik sekaligus Ketua KSK 2018.

Bagi Tanjung, kali ini adalah saat yang tepat untuk mengangkat tema Orang Kalang dalam KSK 2018. Dikarenakan di Kendal sendiri, sudah ada peneliti yang sempat menggarap Orang Kalang yang tinggal di Dukuh Wanglu Krajan, Desa Poncorejo, Kec. Gemuh Kab. Kendal, Jawa Tengah. Beliau adalah Pak Muslichin HN, seorang sejarawan yang menjadi pengajar di SMA N 2 Kendal.

Pak Muslichin ini merupakan sosok yang tepat, dan layak dihadirkan guna menjadi nutrisi bagi para pegiat (seniman) yang akan turut serta menyengkuyung KSK 2018 ini. Selain penelitian yang dilakukan Pak Muslichin, ternyata ada pula beberapa karya dari para seniman yang sudah merespon Orang Kalang. Di antaranya buku puisi, film, dan lainnya. Ini menjadi salah satu dari beberapa alasan untuk mengangkat tema Orang Kalang dalam KSK di tahun ini, ungkap Akhmad Sofyan Hadi, aktor teater, direktur artistik Jarak Dekat Art Production Kendal.

Pada kesempatan dalam obrolan yang berlangsung tersebut, Pak Muslichin membeberkan banyak hal tentang Orang Kalang yang ia teliti. Syarat dengan bidikan sejarah, budaya, sosial, dan agama yang mengidap dalam catatan (tulisan) yang dibagikan dan perbincangan yang memantik segenap hadirin untuk turut serta merespon.

Orang Kalang menjadi salah satu kekayaan dalam khazanah kehidupan masyarakat di Kendal. Sehingga saya pribadi sangat berbangga terhadap anak-anak muda Kendal yang hendak merespon Orang Kalang menjadi tema yang diangkat dalam Kendali Seni Kendal (KSK) 2018. Saya pribadi tentu sangatlah mendukung. Dalam Jurasik kali ini misalnya, sudah ada karya dari siswa pula yang menggarap film dokumenter tentang ritual yang dijalani Orang Kalang. Ini nanti salah satu karya yang akan saya rekomendasikan diputar pula dalam KSK tahun ini. Dan barangkali akan ada karya lain yang bakal menyusul, misal film pendek tentang Orang Kalang pula, pungkas Muslichin, seorang guru sejarah yang gemar menulis dan menggilai sepeda tua. (JRS/SNA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By