Senin, 25 Juni 2018

Halalbihalal Produktif ala Sanggar Kejeling

Halalbihalal Produktif ala Sanggar Kejeling

Foto Caption: antusias peserta pelatihan melukis menggunakan media pelepah pisang (24/6).

Ada yang sedikit berbeda pada Sanggar Kejeling yang berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Cepiring Kendal hari itu, Minggu siang 24 Juni 2018. Segerombolan wanita cantik nan anggun yang menamakan dirinya Komunitas Model Kendal, turut memeriahkan acara Halalbihalal dan Pelatihan Melukis dengan Pelepah Pisang. Kehadiran para model cantik Kendal tersebut tentunya menambah antusiasme para masyarakat yang ingin berlatih. Tak hanya dari Komunitas Model Kendal, beberapa perwakilan komunitas di Kendal seperti Jurasik dan Taman Baca Kaliwungu juga turut memeriahkan acara.

Acara Pelatihan Melukis dengan Pelepah Pisang yang sekaligus juga dijadikan sebagai momen Halal Bi Halal tersebut diiniasi oleh Sanggar Kejeling sebagai bentuk pengembangan skill, khususnya untuk anggota Sanggar Kejeling sendiri. "Ini merupakan pelatihan ya semacam mini workshop gitu lah, Mas. Sebagai upaya kami untuk terus memberdayakan anggota-anggota kami" Kata Diki yang merupakan Ketua Sanggar Kejeling.

Tak tanggung-tanggung, dalam pelatihan ini Sanggar Kejeling mendatangkan pelatih dari Kota Apel Malang. "Ya kami mendatangkan pelatih melukis dari Malang. Kebetulan pas beliau sedang mencari pelepah pisang di Kendal, ya saya tarik kesini dulu untuk mengajari anak-anak" Imbuh Diki.

Acara pelatihan ini disambut baik oleh para peserta yang turut berpartisipasi. Komunitas Model Kendal (KMK) misalnya, mereka sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini "Kegiatan seperti ini sangat mengedukasi banget khususnya untuk anak-anak. Saya kagum juga di Sanggar inu tak hanya mengajarkan seni, tapi juga perilaku" kata Firna Ana Ruriana, ketua KMK.

Senafas dengan Firna, salah satu peserta yang merupakan Guru SD Universal Ananda bernama Ifa Musdalifah juga turut memberikan kesan baiknya. "ini sebuah kreatifitas yang sangat bagus, Mas. Meskipun sekarang handphone itu sudah merabah ke anak-anak, tapi anak-anak di Sanggar Kejeling ini tetap semangat untuk berkesenian"

Dalam pelatihan ini peserta di tuntun untuk membuat lukisan dari pelepah pisang yang sudah di tipiskan kemudian ditempelkan kedalam sebuah papan triplek mengggunakan lem. Tak hanya sekedar pelatihan, di akhir acara panitia juga memberikan apresiasi terhadap karya-karya terbaik dengan memberikan bingkisan. (JD/CDR).

2 komentar:

  1. Balasan
    1. suwun kakak.. Mari pantengi aktivitas kami di website ini, bantu sebar dan tebar agar kian bermanfaat.. aminnn...

      Hapus